Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Jumat, 19 Maret 2010

PENGGUNAAN PSAT DALAM PENEMPATAN FACT CONTROLLER PADA SISTEM KELISTRIKAN SULTANBATARA

A. Power System Analysis Toolbox (PSAT)
Power Sistem Analysis Toolbox (PSAT) adalah suatu toolbox untuk analisis dan kontrol sistem daya listrik. PSAT terdiri dari power flow, continuation power flow (CPF), optimal power flow (OPF), analisis small signal stability dan time domain simulation. Semua operasi dapat diakses dengan menggunakan Graphical User Interfaces (GUI), dan simulink yang memudahkan pengguna dalam mendesain jaringan untuk akurasi analisis sistem tenaga. PSAT yang digunakan pada thesis ini adalah PSAT 1.3.4. PSAT 1.3.4 dikembangkan menggunakan Matlab 6.5.0.180913a (R13) dan 7.0.0.19901 (R14). (Frederico Milano, 2003)
1. Menjalankan PSAT
Untuk menjalankan PSAT, hanya membutuhkan MATLAB dasar dan Simulink, kecuali untuk menyusun user defined models, yang membutuhkan Symbolic Toolbox. Untuk menginstal PSAT ke dalam MATLAB, maka terlebih dahulu harus mendownload PSAT dan buat dalam folder. Setelah itu menjalankan MATLAB, kemudian membuka menu file dan mengklik set path. Klik add folder, kemudian mencari folder PSAT yang telah didownload dan klik OK. Setelah itu, klik save dan close.
Setelah setting folder PSAT ke dalam path MATLAB, program dapat dijalankan dengan mengetik pada prompt MATLAB :
>> psat
Ini akan menghasilkan seluruh struktur dan variabel secara global yang dibutuhkan oleh toolbox dan akan membuka Main Interface Window yang dapat dilihat pada gambar 2.2.

Seluruh modul dan prosedur dapat dijalankan dari window ini dengan cara menu, push button dan atau shortcut.
2. Memasukkan Data
Hampir semua operasi membutuhkan data file yang terisi. Nama file selalu ditunjukkan pada teks edit Data File pada Main Window. Data File dapat berbentuk file a.m. dalam format PSAT atau model Simulink yang dibuat dengan library PSAT.


0 komentar:

Poskan Komentar

your Comment

4download Lagu

4download Lagu
enjoy it

BLOG TETANGGA

Pengikut