Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Senin, 17 November 2008

material dielektrik



konsep penting dalam permasalahan dilektrik adalah momen dipol listrk yang merupakan ukuran pengaruh medan listrik pada sepasang muatan listrik yang besarnya sama tapi berlawnan tanda.
ketka medan listrik diberikan pada material dielektrik, maka fenomena polarisasi muncul. bahan dilektrik dipergunakan terutama terkait dengan kemapuannya menyipan muatan atau energi elektrostatic. dalam kaitan ini diperkenalkan beberapa konstanta material dielktrik. berkaitan dengan interaksinya dengan medan listrik diantaranya adalah pervitivitas dan susceptibiltas. untuk besaran makro dan konstanta polarisasi untuk skala micro. dipihak lain material dielektrik juga sangat luas dipakai sebagai isolasi tegangan medan tinggi.

dalam keadaan demikian maka fungsi utama material adalah untuk menahan medan listrik. sebagai isolasi dikenal kekuatan dielektrik/isolasi dan suatu konstanta penting yaitu rugi-rugi dilektrik.
baik fungsnya sebagai dielektrik maupun sebagai isolasi, material dielektrik memegang peranan sangat penting dalam elektroteknik. komponen-komponen seperti kapasitor hingga isolasi pada peralatan listrik seperti motor-motor listrik generator, peralatan listrik rumah tangga adalah beberapa contoh peran material dilektrik dalam kehidupan sehari-hari.

A. polarisasi (p) dan konstanta dilektrik.

bila suatu material ditempatkan pada medan listrik maka terjadilah momen dipol didalam material. peristiwa ini dapat ...

diilustrasikan dengan penempatan material diantara dua pelat kapasitor yang diberi medan listrik (E) seperti pada gambar dibawah ini.

pada gambar (a) material terpolarisi dan pada pelat terinduksi muatan yang berlawanan tanda. gambar b menunjukkan bagian material saja dimana dalam material terdapat untaian muatan posirif negatif secara berantai. dengan demikian dilihat secara bulk maka tidak ada muatan netto, namun demikian pada permukaan perbatasan dengan plat terdapat muatan terikat masing masing -Qp dan +Qp. dua muatan inilah yang mewakili peristiwa polarisasi secara bulk, yang dialami oleh material akibat kehadiran medan listrik yang diekspresian dengan gambar c.

B. macam-macam polarisasi

polarisasi dibedakan atas polarisasi elektronik, polarisasi atomik/ ionik, polarisasi dipolar, dan polarisasi interfacial.
deskripsi dari masing-masing polarisasi adalah sebagai berikut :

bersambung....

0 komentar:

Poskan Komentar

your Comment

4download Lagu

4download Lagu
enjoy it

BLOG TETANGGA

Pengikut